Surakarta Ingin Daerah Istimewa

Sun, Dec 20, 2009 at 04:43 | Yogyakarta, matanews.com

http://matanews.com/2009/12/20/surakarta-ingin-daerah-istimewa/

Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, sampai saat ini belum ada pertemuan dengan pihak Keraton Surakarta untuk membicarakan soal Daerah Istimewa Surakarta (DIS).

“Soal wacana pembentukan DIS saya tidak tahu. Pertemuan antara pihak Keraton Surakarta dengan Yogyakarta sampai sekarang juga tidak ada,” katanya di Yogyakarta, menanggapi wacana Keraton Surakarta ingin membentuk DIS.

Menurut dia, utusan dari Keraton Surakarta belum ada yang menemui dirinya selaku Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk membicarakan soal keistimewaan, karena pembentukan daerah istimewa itu merupakan kewenangan dan urusannya pemerintah pusat.

“Jika Keraton Surakarta memang merencanakan keistimewaan daerahnya, maka hal itu merupakan kewenangan dan urusan dari pemerintah pusat. Jadi, saya tidak bisa berkomentar banyak, karena masalah itu yang mengurusi pemerintah pusat,” katanya.

Ia mengatakan, soal Rancangan Undang-undang Keistimewaan (RUUK) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saja yang mengurus pemerintah pusat. Masalah keistimewaan di DIY saja sampai saat ini masih belum selesai.

“Oleh karena itu, saya tidak perlu banyak berkomentar soal rencana Keraton Surakarta ingin membentuk DIS. Soal itu terserah pemerintah pusat, saya tidak tahu, karena di DIY saja urusannya belum selesai,” kata Sultan yang juga Gubernur DIY.

Salah seorang kerabat Keraton Surakarta GRAy Koes Moertiyah berencana membentuk DIS. Keraton Surakarta akan berupaya mengurus segala sesuatu yang dibutuhkan agar Surakarta menjadi daerah istimewa.

Untuk itu, GRAy Koes Moertiyah yang merupakan putri Paku Buwono XII akan segera menemui Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk membicarakan soal keistimewaan. (*an/bo)




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: