Solo Siap Jadi Ibu Kota Jateng

Rabu, 03 Maret 2010 14:01 WIB
Penulis : Ferdinand

http://www.mediaindonesia.com/read/2010/03/03/126914/124/101/Solo-Siap-Jadi-Ibu-Kota-Jateng

SOLO–MI: Kalangan eksekutif dan legislatif menyambut positif wacana untuk menjadikan Kota Solo sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Sebab, secara ekonomi maupun infrastruktur kota ini memadai.

“Solo, dalam hal ini masyarakatnya, sangat siap kalau memang ditunjuk untuk menggantikan Semarang,” kata Ketua DPRD Kota Solo YF Sukasno saat dimintai komentarnya, Rabu (3/3).

Dari sisi perputaran ekonomi, ujarnya, Solo tidak kalah dengan Kota Semarang. Begitu pula dengan sarana dan prasarananya. Terlebih lagi, kota ini pernah mempunyai pengalaman sebagai pusat pemerintahan pada masa Kerajaan Kasunanan Surakarta Hadiningrat. “Jadi, kalau ditanya siap atau tidak, jawabannya sangat siap,” tegasnya.

Senada dengan Sukasno, Wali Kota Solo Joko Widodo yang dihubungi secara terpisah mengungkapkan kesiapan yang sama. Selain sarana dan prasarana yagn memadai, Solo masih memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai ibu kota provinsi.

“Solo ini sudah memiliki segalanya. Jadi kalau memang dipercaya untuk menjadi ibu kota provinsi, tidak ada masalah. Tetapi ini kembali lagi kepada keputusan mereka-mereka yang diatas (DPRD dan Gubernur Jateng),” kata Joko.

Mencuatnya wacana menjadikan Kota Solo sebagai Ibu Kota Provinsi Jateng berawal dari pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRW) Jateng 2009-2029. Raperda itu membuka peluang dilakukannya pemindahan ibu kota provinsi dari Kota Semarang.

Panitia Khusus (Pansus) Raperda RTRW menilai salah satu daerah yang pantas untuk dijadikan alternatif pilihan adalah Kota Solo. (FR/OL-01)


  1. ditunggu realisasinya….




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: