Begug Tolak Solo Jadi Ibu Kota Jateng

Kamis, 04 Maret 2010 11:05 WIB

http://www.mediaindonesia.com/read/2010/03/04/127148/124/101/Begug-Tolak-Solo-Jadi-Ibu-Kota-Jateng-

Penulis : Wijyadi Vijay
SOLO–MI: Wacana Kota Solo menjadi Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah menggantikan Kota Semarang ditentang Bupati Wonogiri Begug Poernomosidi.

“Sebaiknya Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah tetap di Semarang. Kota Solo bisa saja jadi ibu kota provinsi, karena adanya pemekaran menjadi Provinsi Surakarta,” tegas Begug yang menelepon Media Indonesia, Kamis pagi (4/3), untuk mengkomentari wacana tersebut.

Menurut dia, menjadikan Kota Solo sebagai Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah tidak akan menyelesaikan masalah, meski dilihat dari tinjauan kesiapan infrastruktur wilayah yang disebut-sebut cukup memadai. Sebab dari sejumlah aspek, seperti perkembangan ekonomi Kota Solo melesat, tapi secara keseluruhan masih kalah dengan Semarang.

“Kalau ahli tata wilayah provinsi memang bijak dan cerdik janganlah terburu untuk memindahkan. Maksimalkan manajemen pemerintahan yang baik dan juga penyempurnaan infrastruktur, sehingga Semarang masih lebih berpotensi. Jadi wacana yang dipergulatkan lewat pembahasan Raperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sebaiknya bisa berhitung secara cermat,” tambahnya.

Namun, lanjut dia, kalau provinsi dimekarkan menjadi dua, maka yang terbaik adalah menjadikan Kota Solo sebagai Ibu Kota Provinsi Surakarta. Karena memang dari tinjauan sejarah dan juga aspek ekonomi, budaya, sosial, dan politik, sangat memungkinkan enam daerah kabupaten dan satu kota di eks karesidenan Surakarta ini menjadi sebuah provinsi yang disebut sebagai Provinsi Surakarta.

Dari sisi kesiapan, enam kabupaten dan satu kota di wilayah eks karesidenan Surakarta itu dinilai sudah siap untuk menjadi sebuah provinsi. Begug siap memelopori pemekaran, jika memang situasi ekonomi dan politik menghendaki adanya eks karesidenan Surakarta menjadi Provinsi Surakarta.

Berbeda dengan Begug, sebelumnya Wali Kota Solo Joko Widodo menegaskan, jika memang dikehendaki, maka Kota Solo siap untuk menjadi Ibu Kota baru Provinsi Jawa Tengah. “Kalau memang dikehendaki, Solo siap untuk menjadi Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah menggantikan Semarang,” terang wali kota yang akrab dipanggil Jokowi itu. (WJ/OL-04)


  1. Masalahnya adalah apakah enam kabupaten se Solo Raya setuju semua untuk menjadi bagian dari provinsi Surakarta?

    • simpul masalah yang cerdas, shbt Suroz. Dan kita tahu bahwa kesetujuan 7 kabupaten/kota dan pemerintahan propinsi Jawa Tengah menjadi syarat mutlak sebagaimana PP No. 78 Tahun 2007




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: