Pimpinan DPRD Jateng: Tak mungkin ibukota provinsi dipindah ke Solo

Sabtu, 06 Maret 2010 , Hal.3

http://edisicetak.solopos.com/zindex_menu.asp?kodehalaman=h10&id=58510

Semarang (Espos) Pimpinan DPRD Jateng menyatakan tidak setuju dilakukan pemindahan ibukota provinsi dari Kota Semarang ke Solo, karena letak Semarang yang strategis.

”Keberadaan Kota Semarang sangat strategis dibandingkan daerah lainnya, termasuk Solo,” kata Wakil Ketua DPRD Jateng, Abdul Fikri Faqih di Semarang, Jumat (5/3).

Meski, ia mengakui perkembangan pembangunan Kota Solo sangat pesat dibandingkan Kota Semarang, tapi bukan menjadi faktor utama untuk kemudian dilakukan pemindahan ibukota provinsi.

Pasalnya masih ada pertimbangan faktor lainnya, misalnya jarak tempuh, bila pejabat kabupaten di wilayah Pantura seperti Cilacap, Banyumas, Brebes akan melakukan rapat di Solo memerlukan waktu lama lebih dari lima jam. ”Ini jelas tidak efektif dan efisiensi waktu,” tandas anggota Dewan dari FPKS ini.

Selain itu dari aspek hukum sambung Fikri, keberadaan Kota Semarang sebagai Ibukota Provinsi Jateng sudah disahkan dalam UU No 10/1950.

Pada Pasal 2 (1) UU No 10/1950 menyebutkan bahwa ibukota provinsi berkedudukan di Kota Semarang. ”Memang berdasarkan Pasal 2 ayat (2) UU No 10/1950 menjelaskan dalam waktu luar biasa kedudukan itu (ibu kota) bisa/dapat dipindahkan/digantikan oleh Presiden,” jelasnya.

Dengan demikian ujar Fikri, untuk melakukan pemindahan ibukota provinsi prosesnya sangat panjang, karena harus melakukan revisi UU No 10/1950. ”Tak kalah pentingnya, secara historis sejak Provinsi Jateng diakui secara resmi oleh pemerintah RI, ibukotanya ya di Kota Semarang,” tandasnya.

Terpisah Wakil Ketua FPPP DPRD Jateng, Istajib menyatakan menghargai adanya wacana pemindahan ibukota provinsi tersebut.

”Tapi saya tak sependapat ibukota provinsi di Semarang dipindah ke Solo. Untuk itu Semarang harus banyak berbenah, khususnya infrastruktur seperti Pelabuhan Tanjung Mas, Bandara Ahmad Yani,” ujar dia. – Oleh : oto




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: