Hidayat dukung up grade Kota Solo

Edisi : 3/26/2010, Hal.3

Laweyan
Anggota Komisi I DPR, Hidayat Nur Wahid mendukung penuh wacana meng-up grade Kota Solo menjadi Provinsi Surakarta.
Menurutnya, upaya tersebut bukanlah hal mustahil, selama proses yang ditempuh tetap konstitusional dan berdasarkan kajian comprehensive atau menyeluruh.

Dalam kesempatannya melakukan reses di Kodim 0735/ Solo, Senin (15/3), Hidayat menjelaskan, gagasan meng-up grade kota atau kabupaten di Indonesia sudah kerap terjadi. Menurutnya, upaya meng-up grade kota atau kabupaten selama ini lebih mengacu pada upaya pemerataan pembangunan, peningkatan kesejahteraan bersama, serta lebih mengoptimalkan potensi yang telah ada. ”Sudah banyak provinsi baru lahir demi mengoptimalkan potensi yang ada. Jika melihat potensi yang ada di Surakarta, saya kira juga bisa,” ujarnya.

Sah
Menurut Hidayat, apapun gagasan tentang up grade Kota Solo bisa saja diterima. Entah itu menjadikan Solo sebagai ibukota Provinsi Jateng, Provinsi Surakarta, atau Daerah Istimewa Surakarta (DIS). ”Mangga saja, selama masih wacana itu sah-sah saja,” terangnya.

Dia melanjutkan, yang perlu dilakukan saat ini ialah bagaimana stakeholders di kawasan Soloraya bersama-sama menyiapkan konsep up grade Kota Solo untuk diajukan ke pusat. Upaya tersebut dilakukan agar wacana tersebut tak sekedar wacana tanpa diimbangi upaya konkret. ”Ajukan proposal dulu, konsep Provinsi Surakarta atau Daerah Istimewa Surakarta (DIS) itu seperti apa? Soalnya selama ini, kami belum menerima konsep itu,” paparnya.

Jika memang rakyat di Surakarta sudah menghendaki, kata dia, maka upaya menuju arah ke Provinsi Surakarta akan sangat mudah. Tinggal yang perlu dilakukan saat ini ialah menyiapkan proposal tentang konsep Provinsi Surakarta itu seperti apa. ”Untuk mendesak terwujudnya Provinsi Surakarta, masyarakat tak perlu demo ke jalan atau sampai aksi cap jempol darah,” terangnya. –

PUSAT DOKUMENTASI SOLOPOS
Griya SOLOPOS Jln. Adisucipto 190 Solo 57145
Telp. 0271-724811 Fax. 0271-724833
E-mail : Pusdok@solopos.net




    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: