Tokoh & Artis Dapat Gelar Bangsawan dari Solo

Salah satu artis yang akan menerima gelar itu adalah Putri Indonesia dan Soraya Haque.
Amril Amarullah
Jum’at, 2 Juli 2010, 16:54 WIB

http://nasional.vivanews.com/news/read/161852-solo-berikan-gelar-ke-sejumlah-artis—tokoh

VIVAnews – Sejumlah tokoh nasional dan artis dipastikan akan mendapat gelar kebangsawanan dari Keraton Surakarta Hadiningrat. Pemberian gelar akan dilangsungkan pada acara ulang tahun naik tahta ke-4 Paku Buwono XIII Sinuhun Tedjowulan, Sabtu, 3 Juli 2010, besok.

Mereka yang menerima gelar antara lain, presenter Metro TV, Najwa Shihab, Putri Indonesia 2009, Qory Sandioriva dan artis Soraya Haque. Selain itu, anggota DPD Jawa Tengah, Poppy Dharsono, dan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Ricky Rachmadi juga akan menerima gelar itu.

Juru bicara Keraton Surakarta Hadiningrat, Kanjeng Haryo Tumenggung (KRHT) Bambang Pradotonagoro menyatakan, tidak hanya itu, sejumlah tokoh nasional juga akan menerima gelar kebangsawanan. Hanya saja belum bisa disebutkan siapa saja tokoh nasional yang akan menerima.

“Untuk tokoh nasional yang lain, kami belum bisa menyampaikan. Besok akan disebutkan bertepatan dengan acara penganugerahan. Tetapi jumlahnya sekitar sepuluh orang, dan mereka patut menerima itu karena jasa dalam mengembangkan nilai-nilai kebudayaan dan sosial kemasyarakatan,” kata dia.

Sebelumnya, pihak Karaton juga telah memberikan gelar kebangsawanan bagi 433 sentana dalem dan abdidalem. Terdiri dari para lurah, penewu, dan adipati ario di Sasana Purnama Badran, Kota Barat, Solo.

“Untuk pemberian gelar dan Tingalan nDalem Jumenengan Paku Buwono XIII Sinuhun Tedjowulan akan dilakukan di nDalem Wuryoningratan, besok,” tuturnya.

Menurut rencana, prosesi ini sebelumnya akan dilakukan kirab kebesaran yang dipimpin oleh Sinuhun Tedjowulan. Selain itu juga akn dihadiri oleh raja dan sultan anggota Forum Keraton Nusantara (FKN). (umi)

Laporan: Fajar Sodiq | Solo


  1. Wisnuadhi

    Obral Gelar Kebangsawan yang tak pernah berakhir….




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: